Kurikulum dan Pembelajaran

Pembelajaran di Kelas

SMP Muhammadiyah 9 Surabaya merupakan salah satu SMP Islam Swasta yang berada di Kecamatan Gubeng dan berada di lokasi yang strategis. Sekolah mampu bersaing dengan sekolah negeri/swasta disekitar. Sekolah Muhammadiyah yang memiliki jargon “Achievement with Morality” ini memiliki komitmen bersama untuk memperbaiki kualitas akhlaq, prestasi dan mandiri sesuai dengan visi sekolah yaitu Unggul dalam Akhlaq, Prestasi dan Mandiri dengan menyelenggarakan Pendidikan yang menyenangkan, bermakna dan pastinya berpihak pada murid.  Memiliki Lingkungan yang nyaman dan asri serta karakter islami menjadi ciri khas sekolah yang memiliki branding “Sekolah Akhlaq”, menjadi keunggulan tersendiri bagi SMP Muhammadiyah 9 Surabaya.

Adapun tujuan berdirinya SMP Muhammadiyah 9 adalah sebagai salah satu wadah yang efektif untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan sikap, kecakapan serta pemahaman dalam bidang keagamaan, sehingga ketika para siswa sudah mulai bermasyarakat akan memiliki pedoman hidup yang kuat dalam segi keimanan.

Pembiasaan Baik Sekolah Akhlaq

Adapun Kurikulum yang diimpelentasikan di sekolah ada 2 kurikulum yaitu Kurikulum Merdeka untuk peserta didik kelas VII dan VIII dan kurikulum 2013 untukpeserta didik kelas IX. Sekolah akhlaq merupakan sekolah salah satu sekolah penggerak Angkatan III jenjang SMP di Kota Surabaya. SMP Muhammadiyah 9 Surabaya memiliki 9 program unggulan sekolah, yaitu: 1) Dzikir pagi dan shalat berjamaa’ah, 2) Kelas Keterampilan, 3) Kelas Komunitas, 4) Kelas BTQ, 5) Moving Class, 6) Boarding Class, 7) Buku Monitoring Akhlaq dan Ibadah, 8) Environment dan Social Learning dan 9) MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa). Dimana semua program unggulan sekolah tersebut bertujuan mengembangkan dan mengoptimalisasikan minat dan bakat peserta didik sehingga menjadi peserta didik yang unggul dalam Akhlaq, Ibadah dan Prestasi. Tradisi positif lain yang sudah berkembang yaitu pembiasaan, antara lain: 1) pembiasaan budaya positif 5S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun); 2) pembiasaan karakter di awal pembelajaran meliputi doa bersama, menyanyikan lagu Indonesia Raya, melafalkan pancasila, dan menyanyikan lagu profil pelajar pancasila secara terpusat; 3) pembiasaan beribadah secara bersama-sama; 4) pembiasaan budaya literasi; 5) pembiasaan murojaah dan dzikir pagi; 6) pembiasaan pembelajaran terkait platform merdeka belajar; 7) pembiasaan piket kelas dan 8) pembiasaan budaya 9K (keteladanan, ketertiban, keamanan, kebersamaan, kebersihan, keindahan, kerindangan, kesehatan dan keterbukaan).